Minggu, 31 Mei 2009

Kirab Pusaka dalam rangka HUT Kab. Tegal


Hari jadi Kabupaten Tegal ke- 408 pada tanggal 18 Mei 2009 di peringati dengan prosesi yang sangat meriah. Kegiatan di mulai pada hari Sabtu pukul 08:00 wib dengan acara Ziarah ke makam Ki Gede Sebayu di Desa Danawarih, Ki Ageng Hanggawana dan Pangeran Purbaya Desa Kalisoka oleh unsur Pemerintahan Kabupaten Tegal dengan muspida dan masyarakat. Kemudian dilanjutkan pada hari Minggu dilaksanakan proses kirab pusaka tombak Kyai Plered. Setelah sebelumnya pusaka tombak Kyai Plered dijamas (dimandikan) serta disemayamkan di Desa Kalisoka, Kecamatan Dukuhwaru. Tombak pusaka Kyai Plered kemudian di kirab menuju rumah dinas Bupati Tegal dengan arak-arakan yang melibatkan keluarga dari garis kerabat/ keturunan dan masyarakat Kabupaten Tegal. Arak-arakan juga diwarnai pawai dan karnaval oleh sejumlah elemen masyarakat serta duta kesenian dari seluruh kecamatan se-Kabupaten Tegal.
Rombongan kirab diberangkatkan dari Desa Kalisoka sekitar pukul 13:30 wib. Tombak pusaka Kyai Plered dibawa dengan menggunakan mobil pick up dan berada diurutan terdepan dari rombongan kirab. Dibelakang kirab nampak sejumlah ratusan sepeda motor dan puluhan mobil serta dokar yang di tumpangi oleh masyarakat yang sudah sejak dari pagi dengan sabarnya menunggu acara kirab tersebut.
Sekitar pukul 15:00 wib rombongan kirab tiba di Kantor Kecamatan Slawi. Setelah istirahat sejenak rombongan melanjutkan perjalanan menuju rumah dinas Bupati Tegal. Setibanya di rumah dinas Bupati Tegal, rombongan kirab di sambut oleh Bupati Tegal H.Agus Riyanto, SSos, MM da Wakil Bupati Tegal H.M.Moch Hery Sulistyawan, SH, MHum serta sejumlah tamu undangan lainya.
Bupati Tegal dan segenap jajaran SKPD serta unsur muspida nampak menyambut peserta kirab diatas panggung kehormatan yang didirikan dijalan raya depan rumah dinas Bupati Tegal. Prosesi peringatan hari jadi kemudian dilanjutkan dengan penyerahan tombak pusaka Kyai Plered dari keturunan Ki Gede Sebayu, yang diwakili oleh Bambang Purnama kepada Bupati Tegal. Satu-persatu peserta kirab menunjukan kebolehan mereka dihadapan Bupati Tegal dan tamu undangan lainnya. (byo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar